Cara Memilih Merawat Burung sirtu Cipoh

Cara Memilih Merawat Burung sirtu Cipoh 2014

Cara Memilih Merawat Burung sirtu Cipohberkutik.blogspot.com akan membuat artikel mengenai Cara Memilih Merawat Burung sirtu Cipoh. Sobat juga dapat membaca artikel lainnya di blog blog berkutik yaitu artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Selanjutnya silakan anda membaca artikel ini selengkapnya:

Burung Sirtu | Sirpu | Cipow – Burung cipoh ini banyak kita temukan di pulau Sumatera, bali, Jawa dan Kalimantan. Selain dikenal sebagai burung cipoh, burung ini sering disebut juga burung sirtu, burung cipow, cito dan lainnya. Yang jelas burung ini memiliki kicauan yang bagus dan unik sehingga banyak disukai orang. burung sirtu ini biasanya tinggal di tepian hutan atau pun disekitar pemukiman penduduk. Berikut ini adalah sedikit bahasan atau ulasan tentang burung cipoh bagi anda yang ingin memelihara burung yang satu ini, berikut Tips Cara Memilih Dan Merawat Burung Cipoh.
cara merawat burung cipoh sirtu
cara memilih Burung Cipoh
Jika anda ingin memelihara burung cipoh ini, sebaiknya anda pilih burung pejantan muda. akan lebih baik lagi jika anda dapat mendapatkan yang masih anakan. Untuk memilih burung yang jantan, anda perlu mengetahui ciri burung cipoh jantan. Adapun ciri cipoh jantan adalah memiliki rongga mulut berwarna hitam dan berkloaka sempit. Bakalan burung cipoh yang nantinya berkicau keras biasanya mempunyai ciri paruh tebal dan panjang dan lurus.

Perawatan Burung Cipoh
Setelah anda dapat memilih bakalan burung cipoh berkualitas maka selanjutnya anda perlu mengetahui cara merawat burung sirtu. Karena akan sia sia belaka jika bakalan burung bagus tersebut tidak dirawat dengan baik atau salah urus. Mengenai perawatan burung sirpu ini, sebenarnya sama saja dengan perawatan burung burung kicauan lainya. Yang perlu diperhatikan yaitu makanan, kebersihan sangkar, penjemuran dan pemasteran.
  • Jenis Makanan - Burung cipoh atau sirtu termasuk burung pemakan serangga, kroto dan ulat kecil. Namun akan lebih baik jika anda dapat melatihnya agar mau memakan poer. meskipun pada kesehariannya tetap kita beri makanan tambahan berupa ulat atau serangga lainnya.
  • Penjemuran burung sirpu- mandikan burung setiap 2-3 kali dalam seminggu dan jemur burung di pagi hari kurang lebih selama 1-2 jam.
  • Kebersihan sangkar - Untuk menjaga kesehatan burung, hendaknya selalu bersihkan sangkar burung dan tempat air serta makanannya. Hal ini agar kondisi burung tetap dalam kondisi fit. 
  • Pemasteran burung sirtu - Agar burung sirpu memiliki suara yang bagus atau berkualitas maka anda perlu melakukan pemasteran burung dengan cara menggunakan burung cipoh yang sudah berkicau atau dengan suara dari mp3. Namun jika anda menggunakan burung lain maka alangkah baiknya jika burung tersebut anda kerodong agar burung yang dimaster tidak takut atau stress. Pemasteran bisa dilakukan ketika burung masih muda atau dalam keadaan mabung, karena jika sudah tua akan mengalami banyak kegagalan atau kesulitan.

Nah begitulah kawan berkutik.blogspot.com, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan sobat untuk membaca artikel ini. Dan jangan lupa membaca artikel artikel yang lalu atau artikel yang akan datang . Atau anda dapat membaca artikel terkait dengan tema ini. Untuk memberikan komentar, silakan berkomen ria di tempat yang tersedia untuk meningkatkan kualitas blog ini.