cara merawat burung Cucak Hijau
Burung cucak hijau ini termasuk jenis burung yang semakin banyak digemari oleh para pecinta burung, harganya pukian melonjak bahkan dipasaran harganya Pasar Burung Tulungagung diatas 2juta. itu pun kualitas burungnya relatif jelek, karena burung tersebut adalah hasil tangkapan yang belum jinak. Menurut saya harga tersebut terlalu mahal, karena burung hasil tangkapan biasanya mempunyai harga yang jauh lebih rendah dari pada burung hasil penangkaran atau piaraan sejak kecil.
cara merawat burung Cucak Hijau
Berikut dibawah ini adalah beberapa tips memelihara dan merawat burung cucak hijau
Pemberian Makanan cucak hijau
Burung cucak hijau yang sudah terlatih biasanya mau makan voer, tetapi sebenarnya makanan yang baik adalah buah buahan seperti pisang dan pepaya. Agar burung cucak hijau terjaga kesehatannya maka sebaiknya cucak hijau diberi makan seperti dia ketika di alam, yaitu buah buahan. Dan ada kalnya kita beri jangkrik dan kroto atau ulat kecil.
Kebersihan Kandang
Kotoran burung harus dibersihkan setiap hari agar kotoran burung terebuttyidak bercampur dengan minuman dan dapat menimbulkan penyakit. Kotoran yang masuk ke dalam tempat air minum dapat menimbulkan jamur, bakteri dan tentunya menimbulkan penyakit bagi burung cucak hijau.

Berikut Contoh Pola Perawatan Burung Cucak Hijau :
  1. Pada pagi hari sekitar jam 6.00 bila cuaca bagus, burung di keluarkan dari dalam rumah kemudian buka kerodong sangkar. biarkan berkicau.
  2. Pada jam 7.00 burung cucak hijau mulai dimandikan dengan cara dimasukkan ke dalam bak mandi burung.. Biarkan mandi sepuasnya. Pastikan cuaca hari itu baik.
  3. PAda jam 7.30 burung dijemur atau digantang. Anda dapat memberikan jangkrik 3 - 5 ekor atau kroto 1 sendok teh. Kroto yang sudah busuk harus dibuang agar burung tetap sehat. Berikan buah bergantian setiap hari dengan diselang-seling. Buah yang biasa diberikan pada cucak hijau adalah  pisang dan pepaya.
  4. Anda dapat memberikan ulat bumbung 1 ekor. pemberikan ulat bumbung diberikan 3 x dalam 1 minggu.
  5. Setelah burung dijemur sekitar 1 - 3 jam, prinsipnya adalah jangan sampai kepanasan. Turunkan sangkar lantas dianginkan beberapa menit setelah itu dikerodong.
  6. Pada sore harinya sekitar Jam 15.00 atau 15.30. burung dimandikan lagi dan deiberi makanan jangkrik atau ulat.
  7. Menjelang lomba (H-3) perlakuan mandi jemur sama, namun pemberian extra fooding seperti jangkrik di tambah pagi 7 - 10 ekor, sore 7 - 10. Berikan tambahan seperti ulat hongkong 3 ekor guna memacu daya tempur saat dilapangan.
  8. Pada Hari (H-1) menjelang lomba , burung hanya dimandikan lantas dijemur extra fooding sama dengan point 7. Namun setelah dijemur dan anginkan kerodong sangkar hingga besok pagi.
  9. Pada hari H sebelum berangkat , bersihkan kotoran, buah ganti yang segar. Berikan jangkrik 7 - 10 + ulat bumbung 1 + 3 ulat hongkong. Tanpa di Mandikan atau dijemur.


terkait dengan cara merawat burung Cucak Hijau :