cara merawat ayam bekisar berkualitas
cara merawat ayam bekisar berkualitas
Para penghobi ayam bekisar berlomba-lomba untuk mencetak ayam bekisar berkualitas, baik dari sisi suara kokoknya maupun warna bulunya. Salah satu bekisar yang banyak digemari orang adalah ayam bekisar berwarna putih. Berikut ini akan saya share cara mencetak ayam bekisar putih. Seperti yang kita ketahui bahwa ayam bekisar merupakan hasil kawin silang antara ayam hutan hijau jantan dengan ayam kampung betina. Induk betina akan mendominasi warna bulu hasil silang ayam hutan dan ayam kampung, sedangkan suara dan postur tubuh didominasi induk jantan, Jadi ayam kampung betina merupakan penentu warna ayam bekisar yang akan dihasilkan. Untuk menghasilkan ayam bekisar berbulu putih maka kita harus kawinkan ayam hutan jantan dengan ayam kampung putih mulus. Ayam kampung betina putih ini hendaknya diperoleh dari hasil indukan ayam kampung berbulu putih baik induk jantan maupun betinanya. Selanjutnya ayam kampung putih ini dikawinkan sesamanya, sehingga diperoleh anakan ayam kampung putih. Yang selanjutnya dikawinkan lagi, sedemikian rupa hingga sampai 5 tingkat. Untuk keturunan tingkat 5 ini, bisa langusung kita kawinkan dengan ayam hutan sehingga dihasilkan anakan ayam bekisar putih.
Jika kita kawinkan ayam hutan jantan dengan ayam kampung betina secara langsung tanpa kawin silang lima tingakt tadi akan dihasilkan bekisar puti juga, tetapi tidak putih mulus.

Warna bulu ayam bekisar yang banyak disukai orang:

  • Bekisar Kangean /Madura yang merupakan kawin silang dari induk betina berbulu satu macam misalnya hitam, merah, putih, kuning, dan abu – abu.
  • Bekisar Putih (Yogya), yang merupakan hasil perkawainan dari induk betina berwarna putih mulai dari paruh, hingga telapak kaki kecuali jengger, pial, dan cuping berwarna merah.
  • Bekisar Hitam (Parakan), merupakan hasil persilangan ayam hutan dengan ayam Kedu Hitam betina atau cemani. Bentuk tubuh tinggi, besar, tegap dan berbulu hitam.
  • Bekisar Multiwarna (Solo), dari indukan betina berbagai warna yang dipilih sesuai selera sehingga kaya akan warna dan suaranya sangat nyaring dengan ujung suara meninggi.

Selanjutnya saya juga akan share cara memelihara ayam bekisar atau cara merawat ayam bekisar sebelum mengikuti kontes
  • Setiap pagi ayam bekisar dimandikan dan di jemur di lappangan ayam mualai jam 7 sd jam 11 siang, sebaiknya dikerek
  • Sebagai extra fooding perlu diberi jangkrik 3-5 ekor., setelah dijemur diberi makan berupa beras merah, ketan hitam dan dicampur biji-biji lainnya.
  • Dilakukan tempat mandi pasir alias kipu, beri kesempatan kipu setidaknya sekali seminggu.
  • Beri air minuman mineral atau air matang, dan juga diberi sayuran seperti daun pepaya, tauge dan kangkung
  • Diberi suplemen agar gacor, cari ditoko burung, pasti tersedia.
  • Ini yang penting dan rahasia: berilah seekor jangkrik yang telah direndam dalam madu, sedangkan jangkrik yang lain tidak perlu. Hal ini sebaiknya dilakukan 2 kali seminggu

Penelusuran yang terkait cara merawat ayam bekisar, jual ayam bekisar, suara ayam bekisar kontes, ayam bekisar super, ayam hutan, harga ayam bekisar, makanan ayam bekisar.


terkait dengan cara merawat ayam bekisar berkualitas :