cara memelihara dan penangkaran burung perkutut
cara memlihara perkutut agar menghasilkan perkutut yang baik adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan bibit atau anakan burung perkutut yang baik
Dengan membeli burung perkutut anakan atau piyik perkutut tentu harga burung perkutut lebih murah. Selain murah, kita akan mengetahui kebiasaan, sifat, perawatan dan makanannya serta kualitas suaranya.
Kita dapat mempelajari perawatan perkutut, mengenal kualitas perkutut yang sebenarnya setelah kita beberapa kali memelihara anakan perkutut hingga perkutut berkicau.
penangkaran perkutut












  • garis keturunan atau blood line yang baik
Dengan mendapatkan galur keturunan perkutut yang baik, maka peluang kita mendapatkan kualitas perkutut baik akan lebih tinggi. Burung perkutut dengan garis keturunan yang baik dapat kita silangkan atau crossing agar diperoleh perkutut yang lebih baik lagi.

Maka ada baiknya jika anda ingin membeli perkutut untuk mengetahui garis keturunannya baik dan jelas agar usaha kita tidak sia-sia. Walaupun sudah kita peroleh anakan dari garis keturunan baik, tetapi kita masih harus memperhatikan kualitas suara burung perkutut tersebut secara langsung.

  • latihan lomba burung perkutut
Untuk latihan lomba anda dapat mendapat banyak informasi dari berbagai sumber baik dari para penghobi burung perkutut ataupun peternakan perkutut. Setelah anda mendapatkan informasi tersebut anda dapat menerapkan atau mencoba latihan lomba perkutut setiap hari hingga kualitas burung perkutu anda meningkat. Tanpa latihan, burung perkutut yang bagus suaranya sering down mentalnya di arena perlombaan.

  • peternakan perkutut atau penangkaran burung perkutut

Sebelum anda membeli bibit burung perkutut kunjungi berbagai peternakan burung perkutut untuk membandingkan kualitas kicau burung perkutut dan harga burung perkutut. Perlu kita ingat bahwa, tidak semua peternak perkutut kecil berkualitas jelek, dan tidak semua peternak besar bekualitas bagus. Jadi kejelian anda dalam hal ini sangat diperlukan. Anda tidak perlu takut atau malu meluangkan banyak waktu untuk mendengarkan suara kicau burung perkutut yang akan anda beli.

Untuk peternak perkutu yang sedang merintis biasanya mempunyai induk yang bervariasi karena masih tahap menyeleksi jenis perkutut yang akan dia kembangkan. Harga burung perkutut dari peternakan kecil macam ini biasanya lebih murah, namun kualitasnya belum tentu kalah dengan penangkaran burung perkutut besar.

  • Memilih indukan
Pilihlah indukan yang cepat menghasilkan telor atau anakan, yaitu indukan dengan usia 4 bulan untuk perjodohan. Jika perjodohan sukses maka pada usia 6-7 bulan indukan tersebut sudah dapat bertelur.
Untuk burung perkutut jantan sebaiknya sudah berumur 1 bulan lebih muda dari induk betina. Jika perkutu jantan lebih tua maka dia akan sangat agresif dan mengejar-ngejar induk betina. Selain itu, pilihlah indukan yang baik dengan ciri sebagai berikut:
  • Memiliki suara awal, tengah dan ujungnya yang sama bagusnya dan tidak terputus-putus.
  • pastikan burung perkutut anda memiliki aliran trah darah dengan silsilah yang jelas.
  • bentuk tubuh yang serasi dan tidak memiliki cacat
  • Tidak memiliki suara yang serak dan basah. Latar atau air suaranya cowong dan tembus baik yang bervolume kecil atau besar. Irama suaranya agak renggang dengan ketukan.
kandang untuk beternak burung perkutut atau penangkaran perkutut
cara memelihara burung perkutut






Ssetelah mendapatkan induk burng perkutut yang baik selanjutanya anda perlu memikirkan kandang penagkaran perkutut, yang penting kandang burung perkutut harus cukup besar, yang disesuaikan dengan jumlah burung perkutut. Kandang dapat terbuat dari bahan besi, kayu, atau aluminium sesuai dengan selera ataupun kemampuan anggaran anda. Biasanya kandang terbuat dari kawat karena murah. Posisi kandang harus lah permanen tidak berpindah-pindah, apalagi saat pengeraman.

Ukuran kandang idealnya 60 cm x 75 cm x tinggi 60 cm, lantai menggunakan berpasir, bersemen, ataupun tanah biasa, bahan atap menggunakan asbes, seng atau bahan genting. Usahakan jarak lantai dan atap tidak terlalu dekat agar kelembaban cukup,  tidak terlalu panas, dan cukup sinar matahari. jauhkan kandang dari jangkauan tikus dan kucing. Posisi kandang sebaiknya jauh dari  keramaian atau usahakan tempat yang tenang dan sepi, tetapi tetap harus anda kontrol setiap hari.

  • penjodohan burung perkutut
cara menjodohkan burung perkutut adalah dengan menyandingkan perkutut jantan dan betina dalam sangkar berbeda, setelah burung tersebut saling mengenal dengan tanda tidur saling berdekatan pada malam hari dan saling mengangguk-angguk, maka anda dapat mencampur kedua burng tersebut. Sebaiknya anda masukkan pada sore hari.
Berilah makanan spesial yaitu kacang hijau lunak sudah direndam lama, minyak ikan, vitamin E, B-kompleks, dan membasahi badannya sedikit. Maka burung akan melakukan perkawinan akan bertelur pada beberapa minggu kemudian. siapkan anyaman rotan dan diberi rumput kering atau daun cemara agar burng nantinya bertelor disitu.

  • pemeliharaan piyik perkutut
Untuk piyik burung perkutut yang berusia lebih dari 1 bulan sebaiknya dipisahkan dari induk. Piyik yang sudah berusia 1 bulan biasanya sudah bisa mencari makan sendiri tanpa bantuan dari induk, sedangkan induk biasanya akan melakukan perkawinan lagi dan enggan untuk mengasuh piyik yang sudah tumbuh membesar.
Anda bisa menaruh seluruh piyik ke dalam satu kandang yang berukuran lebar 60 cm x panjang 75 cm x tinggi 60 cm dengan jumlah 7-10 ekor. Sebaiknya beri lampu di dalam kandang sebagai penghangat tubuh untuk menghadapi dinginnya cuaca di malam hari atau musim hujan.
Anda bisa memberi tambahan makanan yang diberikan dua kali dalam sehari berupa minyak ikan, B-kompleks, dan kalsium. Sedangkan obat cacing bisa diberikan 3 hari sekali.
Piyik juga harus sering mendapatkan sinar matahari untuk menjaga kesehatan tulangnya. Anda bisa menjemur piyik diantara jam 8 pagi hingga jam 11 siang.
Setelah berusia 3 bulan anda bisa memisahkan masing-masing piyik untuk kemudian tinggal di kandang masing-masing. Hal ini juga akan memudahkan anda dalam mengontrol perkembangan dan meningkatkan kualitas suara dari piyik yang sudah tumbuh menjadi burung perkutut remaja.


terkait dengan cara memelihara dan penangkaran burung perkutut :