Karangan deskripsi adalah karangan yang terdiri dari paragraf paragaraf yang bertujuan menggambarkan, atau memindahkan kesan dari hasil pengamatan, dan
perasaannya kepada pembaca. Sehingga dalam karangan diskripsi penulis akan menyampaikan sifat, gambaran
dan semua rincian wujud dari objek yang sedang diamati dan akan dituliskan dalam karangan tersebut. Dari tulisan sastra bahasa indoneisa tersebut, diharapkan pembaya dapat mengkhayal atau imajinasi atau menggambarkan kepada para pembacanya, tentang apa yang dia tulis sehingga seolah-olah
pembaca melihat atau merasakan sendiri objek yang dibicarakan secara
keseluruhan seperti yang dialami oleh penulisnya.
Pagi ini terlihat sangat sibuk, dijalan-jalan terlihat ibu-ibu yang tengah berjalan menuju pasar untuk berjualan sayuran. Tetangga ku seorang peternak bebek juga tidak kalah sibuknya dengan orang-orang. Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebek-bebeknya kerawa dekat sawah untuk mencari makanan, bebek-bebek yang pintar mereka berbaris dengan rapi pengembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita bangun tidur.
Dihalaman rumah kakek ku yang menghadap ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang sedang berbuah sangat lebat, disamping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan yang buahnya sangat manis rasanya. Sungguh pemandangan yang indah desa yang sangat asri dan damai ini adalah desa tempat tinggal kakek ku serta tempat kelahiran ku. Desa yang bernama Nambahdadi ini adalah tempat yang paling sering aku kunjungi saat liburan. Selain bias bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan yang indah nan damai.
Contoh karangan deskripsi 1
RUANG KELAS WINA
Contoh paragaraf deskripsi
Aku berdiri tepat depan kelas ku.
Aku meliahat di meja guru ku ada taplak meja dengan motif batik, dan di atasnya ada pas bungga yang berwarna hijau dan dihiasi bunga-bunga yang terbuat dari kain. Lalu aku melangkahkan kaki ku menuju kebelakang, aku melihat banyak sapu yang berantakan dan aku hitung ada tiga sapu. Aku melihat ke dinding ada hiasan bunga, jam dinding yang mempercantik diding kelas ku. ada dua papan tulis yang memang sengaja disambung agar terlihat panjang. Kemudian aku mulai membersihkan kelas ku supaya kelas ku menjadi lebih bersih. Kata guru ku, jagalah kebersihan supaya kita nyaman saat belajar di kelas.
Adapaun berdasarkan tujuan, karangan deskripsi ada dua yaitu ada yang bersifat
- deskripsi sugestif
- deskripsi teknis (deskripsi ekspositoris)
Adapun berdasar cara pendekatannya agar objek yang digambar-kan dapat tepat
maksudnya dibagi menjadi:
- pendekatan realistis,
- pendekatan impresionistis
- pendekatan menurut sikap pengarang.
Berdasarkan
kategori yang biasa diungkapkan, ada dua objek yang dapat kita
deskripsikan, hal itu adalah deskripsi orang dan deskripsi tempat. Untuk mempermudah melakukan pendeskripsian, berikut adalah rambu-rambu yang dapat Anda ikuti.
1. Menentukan hal apa yang hendak dideskripsikan.
2. Merumuskan tujuan pendeskripsian.
3. Menetapkan bagian yang akan dideskripsikan.
4. Merinci dan menyistematiskan hal-hal yang menunjang kekuatan bagian yang akan dideskripsikan.
karangan paragraf deskripsi
Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara-suara ayam
yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang
masih tertidur. Serta dapat ku lihat burung-burung yang berterbangan
meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Dari timur sang surya
menyapaku dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya. Aku berjalan
kehalaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk
berlalu lintas dari kejauhan terlihat sawah-sawah milik para petani yang
ditanami padi masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan
damai. Dari kejauhan pula terlihat seorang petani yang sedang membajak
sawahnya yang belum ditanami tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang
mencari rumput untuk makanan binatang peliharaannya seperti kambing,
sapi, dan kerbau. Didesa ku rata-rata penduduknya berprofesi sebagai
petani.Pagi ini terlihat sangat sibuk, dijalan-jalan terlihat ibu-ibu yang tengah berjalan menuju pasar untuk berjualan sayuran. Tetangga ku seorang peternak bebek juga tidak kalah sibuknya dengan orang-orang. Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebek-bebeknya kerawa dekat sawah untuk mencari makanan, bebek-bebek yang pintar mereka berbaris dengan rapi pengembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita bangun tidur.
Dihalaman rumah kakek ku yang menghadap ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang sedang berbuah sangat lebat, disamping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan yang buahnya sangat manis rasanya. Sungguh pemandangan yang indah desa yang sangat asri dan damai ini adalah desa tempat tinggal kakek ku serta tempat kelahiran ku. Desa yang bernama Nambahdadi ini adalah tempat yang paling sering aku kunjungi saat liburan. Selain bias bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan yang indah nan damai.
Contoh karangan deskripsi 1
RUANG KELAS WINA
Wina membuka pintu kelasnya
perlahan-lahan. Dilihatnya sebuah jendela yang terbuka. Di bawah
jendela, tampak sebuah meja guru yang memakai tapalak putih. Di atas
taplak putih itu ada sebuah vas bunga dari kayu. Vas bunga tersebut
bergambar beberapa kuntum bunga matahari seperti bunga yang ada
didalamnya. Disebelahnya tergeletak sebuah agenda kelas yang terbuka
dan kalender duduk.
Wina lalu memasuki ruang kelasnya
dengan langkah yang lambat. Dia memalingkan pandangan ke arah kanan.
Tampak satu buah white board yang bersih tanpa coretan. Di sebelah kiri
white board tersebut, terpasang sebuah tempat spidol berwarna biru
muda, serasi dengan dinding yang bercatut biru tua. Dan disebelah kanan
white board terpasang satu papan madding yang penuh tulisan-tulisan
karya siswa.
Wina memutar pandanganya ke belakang
kelas. Ada sebuah pribahasa berbahasa inggris yang berwarna kuning
bertuliskan ‘practice make perpect’ dibawahnya terpasang sebuah system
periodik unsur-unsur di kiri kananya juga terpasng sebuah denah duduk
dan daftar kelompok belajar.
Selain itu, ditatapnya dinding kiri
kelas. Di sana terpasang struktur organigram dan sebuah daftar regu
kerja dari karton berwarna kuning. Struktur organigram dan daftar regu
kerja tersebut ditutupi oleh plastic bening.
Wina berpaling kedinding kanan. Disana
tergantung daftar pelajaran berwarna kuning. Daftar pelajaran itu
disusun tak berurutan, hurf-hurufnya pun dari guntingan majalah. Meski
tampak tidak rapi,namun cukup bagus dan menarik.
Wina menyusuri deretan bangku kosong didepanya. Tak usah dihitung
lagi karena pasti ada 40 meja dan 80 kursi. Dan tanpa kata wina berjalan
kebangkunya sendiri,dan duduk manis disanaContoh paragaraf deskripsi
Aku berdiri tepat depan kelas ku.
Aku meliahat di meja guru ku ada taplak meja dengan motif batik, dan di atasnya ada pas bungga yang berwarna hijau dan dihiasi bunga-bunga yang terbuat dari kain. Lalu aku melangkahkan kaki ku menuju kebelakang, aku melihat banyak sapu yang berantakan dan aku hitung ada tiga sapu. Aku melihat ke dinding ada hiasan bunga, jam dinding yang mempercantik diding kelas ku. ada dua papan tulis yang memang sengaja disambung agar terlihat panjang. Kemudian aku mulai membersihkan kelas ku supaya kelas ku menjadi lebih bersih. Kata guru ku, jagalah kebersihan supaya kita nyaman saat belajar di kelas.
Karangan deskripsi adalah karangan yang terdiri dari paragraf paragaraf yang bertujuan menggambarkan, atau memindahkan kesan dari hasil pengamatan, dan
perasaannya kepada pembaca. Sehingga dalam karangan diskripsi penulis akan menyampaikan sifat, gambaran
dan semua rincian wujud dari objek yang sedang diamati dan akan dituliskan dalam karangan tersebut. Dari tulisan sastra bahasa indoneisa tersebut, diharapkan pembaya dapat mengkhayal atau imajinasi atau menggambarkan kepada para pembacanya, tentang apa yang dia tulis sehingga seolah-olah
pembaca melihat atau merasakan sendiri objek yang dibicarakan secara
keseluruhan seperti yang dialami oleh penulisnya.
Pagi ini terlihat sangat sibuk, dijalan-jalan terlihat ibu-ibu yang tengah berjalan menuju pasar untuk berjualan sayuran. Tetangga ku seorang peternak bebek juga tidak kalah sibuknya dengan orang-orang. Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebek-bebeknya kerawa dekat sawah untuk mencari makanan, bebek-bebek yang pintar mereka berbaris dengan rapi pengembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita bangun tidur.
Dihalaman rumah kakek ku yang menghadap ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang sedang berbuah sangat lebat, disamping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan yang buahnya sangat manis rasanya. Sungguh pemandangan yang indah desa yang sangat asri dan damai ini adalah desa tempat tinggal kakek ku serta tempat kelahiran ku. Desa yang bernama Nambahdadi ini adalah tempat yang paling sering aku kunjungi saat liburan. Selain bias bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan yang indah nan damai.
Contoh karangan deskripsi 1
RUANG KELAS WINA
Contoh paragaraf deskripsi
Aku berdiri tepat depan kelas ku.
Aku meliahat di meja guru ku ada taplak meja dengan motif batik, dan di atasnya ada pas bungga yang berwarna hijau dan dihiasi bunga-bunga yang terbuat dari kain. Lalu aku melangkahkan kaki ku menuju kebelakang, aku melihat banyak sapu yang berantakan dan aku hitung ada tiga sapu. Aku melihat ke dinding ada hiasan bunga, jam dinding yang mempercantik diding kelas ku. ada dua papan tulis yang memang sengaja disambung agar terlihat panjang. Kemudian aku mulai membersihkan kelas ku supaya kelas ku menjadi lebih bersih. Kata guru ku, jagalah kebersihan supaya kita nyaman saat belajar di kelas.
Adapaun berdasarkan tujuan, karangan deskripsi ada dua yaitu ada yang bersifat
- deskripsi sugestif
- deskripsi teknis (deskripsi ekspositoris)
Adapun berdasar cara pendekatannya agar objek yang digambar-kan dapat tepat
maksudnya dibagi menjadi:
- pendekatan realistis,
- pendekatan impresionistis
- pendekatan menurut sikap pengarang.
Berdasarkan
kategori yang biasa diungkapkan, ada dua objek yang dapat kita
deskripsikan, hal itu adalah deskripsi orang dan deskripsi tempat. Untuk mempermudah melakukan pendeskripsian, berikut adalah rambu-rambu yang dapat Anda ikuti.
1. Menentukan hal apa yang hendak dideskripsikan.
2. Merumuskan tujuan pendeskripsian.
3. Menetapkan bagian yang akan dideskripsikan.
4. Merinci dan menyistematiskan hal-hal yang menunjang kekuatan bagian yang akan dideskripsikan.
karangan paragraf deskripsi
Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara-suara ayam
yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang
masih tertidur. Serta dapat ku lihat burung-burung yang berterbangan
meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Dari timur sang surya
menyapaku dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya. Aku berjalan
kehalaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk
berlalu lintas dari kejauhan terlihat sawah-sawah milik para petani yang
ditanami padi masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan
damai. Dari kejauhan pula terlihat seorang petani yang sedang membajak
sawahnya yang belum ditanami tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang
mencari rumput untuk makanan binatang peliharaannya seperti kambing,
sapi, dan kerbau. Didesa ku rata-rata penduduknya berprofesi sebagai
petani.Pagi ini terlihat sangat sibuk, dijalan-jalan terlihat ibu-ibu yang tengah berjalan menuju pasar untuk berjualan sayuran. Tetangga ku seorang peternak bebek juga tidak kalah sibuknya dengan orang-orang. Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebek-bebeknya kerawa dekat sawah untuk mencari makanan, bebek-bebek yang pintar mereka berbaris dengan rapi pengembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita bangun tidur.
Dihalaman rumah kakek ku yang menghadap ketimur terdapat pohon-pohon yang rindang, ada pohon mangga yang sedang berbuah sangat lebat, disamping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Dan disebelah kanan rumah ada pohon rambutan yang buahnya sangat manis rasanya. Sungguh pemandangan yang indah desa yang sangat asri dan damai ini adalah desa tempat tinggal kakek ku serta tempat kelahiran ku. Desa yang bernama Nambahdadi ini adalah tempat yang paling sering aku kunjungi saat liburan. Selain bias bertemu kakek dan nenek aku juga bias melihat pemandangan yang indah nan damai.
Contoh karangan deskripsi 1
RUANG KELAS WINA
Wina membuka pintu kelasnya
perlahan-lahan. Dilihatnya sebuah jendela yang terbuka. Di bawah
jendela, tampak sebuah meja guru yang memakai tapalak putih. Di atas
taplak putih itu ada sebuah vas bunga dari kayu. Vas bunga tersebut
bergambar beberapa kuntum bunga matahari seperti bunga yang ada
didalamnya. Disebelahnya tergeletak sebuah agenda kelas yang terbuka
dan kalender duduk.
Wina lalu memasuki ruang kelasnya
dengan langkah yang lambat. Dia memalingkan pandangan ke arah kanan.
Tampak satu buah white board yang bersih tanpa coretan. Di sebelah kiri
white board tersebut, terpasang sebuah tempat spidol berwarna biru
muda, serasi dengan dinding yang bercatut biru tua. Dan disebelah kanan
white board terpasang satu papan madding yang penuh tulisan-tulisan
karya siswa.
Wina memutar pandanganya ke belakang
kelas. Ada sebuah pribahasa berbahasa inggris yang berwarna kuning
bertuliskan ‘practice make perpect’ dibawahnya terpasang sebuah system
periodik unsur-unsur di kiri kananya juga terpasng sebuah denah duduk
dan daftar kelompok belajar.
Selain itu, ditatapnya dinding kiri
kelas. Di sana terpasang struktur organigram dan sebuah daftar regu
kerja dari karton berwarna kuning. Struktur organigram dan daftar regu
kerja tersebut ditutupi oleh plastic bening.
Wina berpaling kedinding kanan. Disana
tergantung daftar pelajaran berwarna kuning. Daftar pelajaran itu
disusun tak berurutan, hurf-hurufnya pun dari guntingan majalah. Meski
tampak tidak rapi,namun cukup bagus dan menarik.
Wina menyusuri deretan bangku kosong didepanya. Tak usah dihitung
lagi karena pasti ada 40 meja dan 80 kursi. Dan tanpa kata wina berjalan
kebangkunya sendiri,dan duduk manis disanaContoh paragaraf deskripsi
Aku berdiri tepat depan kelas ku.
Aku meliahat di meja guru ku ada taplak meja dengan motif batik, dan di atasnya ada pas bungga yang berwarna hijau dan dihiasi bunga-bunga yang terbuat dari kain. Lalu aku melangkahkan kaki ku menuju kebelakang, aku melihat banyak sapu yang berantakan dan aku hitung ada tiga sapu. Aku melihat ke dinding ada hiasan bunga, jam dinding yang mempercantik diding kelas ku. ada dua papan tulis yang memang sengaja disambung agar terlihat panjang. Kemudian aku mulai membersihkan kelas ku supaya kelas ku menjadi lebih bersih. Kata guru ku, jagalah kebersihan supaya kita nyaman saat belajar di kelas.